+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Venice Film Festival Ajak Sutradara Afghanistan Bahas Taliban

venice-film-festival-ajak-sutradara-afghanistan-bahas-taliban-1

Venice Film Festival Ajak Sutradara Afghanistan Bahas Taliban

Jakarta, CNN Indonesia —

Venice Film Festival 2021 yang berlangsung pada 1-11 September 2021 akan mengundang sutradara soal Afghanistan untuk diajak diskusi soal pengambilalihan kekuasaan negara itu oleh Taliban.

Kepala Badan Perfilman Nasional Afghanistan, Sahraa Karimi, menjadi salah satu sutradara yang akan terlibat dalam diskusi pada 4 September mendatang. Ia dikenal menyutradarai film Hava, Maryam, Ayesha (2019).

Sutradara asal Afghanistan lain yang juga ikut dalam diskusi soal aksi Taliban adalah Sahra Mani. Ia dikenal menyutradarai film dokumenter bertajuk A Thousand Girls Like Me yang rilis pada 2018 lalu.


Diskusi akan fokus pada kondisi krisis di Afghanistan saat ini dan arti dari penaklukan Taliban atas negara di Timur Tengah itu. Khususnya dampak kekuasaan Taliban terhadap seniman dan sineas Afganistan.

Sebelumnya, sutradara Sahraa Karimi juga menjelaskan situasi di Afghanistan. Hal tersebut ia sampaikan lewat surat terbuka yang diunggah pada akun Twitter pribadi pada Jumat (13/8).

“Saya menulis kepada Anda dengan patah haru dan harapan yang mendalam bahwa Anda bisa bergabung dengan saya untuk melindungi orang-orang saya yang baik, terutama pembuat film, dari Taliban,” tulis Karimi.

Sutradara bernama Shahrbanoo Sadat juga sempat memberikan keterangan terkait kondisi Afghanistan pada pertengahan Agustus lalu. Kala itu ia kesulitan untuk melarikan diri dari negara Afghanistan.

Kemudian pada Senin (23/8) lalu ia dan keluarganya dikabarkan berhasil melarikan diri dengan selamat dari Afghanistan. Hal itu diumumkan oleh produsernya yang bernama Katja Adomeit.

Diberitakan Variety, Adomeit menjelaskan Sadat berhasil melewati pos pemeriksaan Taliban selama perjalanan menuju bandara setelah beberapa hari mencoba. Ia pergi bandara bersama sembilan anggota keluarganya.

Sadat dan anggota keluarganya sempat transit di Abu Dhabi sebelum kembali naik pesawat ke Eropa. Menurut Adomeit, perjalanan Sadat dibantu oleh orang-orang di seluruh dunia dan pemerintah Prancis.

Sadat sendiri merupakan salah satu sutradara kenamaan Afghanistan. Pada 2016 ia berhasil memenangkan penghargaan Directors’ Fortnight di Festival Film Cannes 2016 lewat film Wolf and Sheep.

(adp/agt)