+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Sebanyak Desa di NTT Korban Banjir Belum Terjangkau Bantuan

sejumlah-desa-di-ntt-korban-banjir-belum-terjangkau-bantuan-1

Sebanyak Desa di NTT Korban Banjir Belum Terjangkau Bantuan

Jakarta, CNN Indonesia —

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Josef Nae Soi mengungkapkan ada sejumlah desa korban  banjir bandang belum tersentuh bantuan. Pasalnya, kanal ke wilayah tersebut merandek cuaca ekstrem.

“Daerah-daerah yang belum terjangkau oleh kami yaitu dalam Kabupaten Kupang. Memang ini agak terlambat kami mampu informasi karena kondisi daerahnya itu terputus dan cuma bisa dilalui oleh ulama darat dan laut, kita tahu kemarin cuacanya betul tidak bersahabat, ” ujarnya dalam konferensi pers Penanganan Bencana di Wilayah Nusa Tenggara, Minggu (11/4).

Karenanya, ia mengatakan pemerintah daerah serta pihak terkait akan mengerahkan seluruh armada bantuan guna menjangkau wilayah itu esok hari. Baik penyaluran bantuan melalaikan jalur udara, darat, maupun laut.


“Di beberapa daerah di Kabupaten Kupang besok juga kami siapkan satu feri untuk membawa bantuan ke desa-desa dengan belum terjangkau beberapa hari ini, ” tuturnya.

Namun, ia menyungguhkan pemerintah dan pihak terpaut telah telah menyalurkan tumpuan kepada kabupaten-kabupaten yang menemui korban cukup banyak. Meliputi, Lembata, Flores Timur, serta Alor.

Sandaran tersebut mulai dari sasaran, selimut, serta kebutuhan penting lainnya. Selain itu, pelarian juga sudah mulai dipindahkan ke rumah penduduk.

“Kemudian juga pengungsi-pengungsi sudah ana relokasi, kami sudah minta mereka dipindahkan ke rumah-rumah penduduk supaya menghindari kluster baru covid-19, ” ujarnya.

Secara total, korban banjir bandang yang melanda provinsi tersebut menyentuh 222 orang per hari ini. Korban tersebut berisi dari 177 orang meninggal dunia. Sedangkan, 45 karakter lainnya dinyatakan hilang.

(ulf/age)

[Gambas:Video CNN]