+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Ridwan Kamil Tunda Bansos 8 Kawasan Pilkada di Jabar

Ridwan Kamil Tunda Bansos 8 Kawasan Pilkada di Jabar

Ridwan Kamil Tunda Bansos 8 Kawasan Pilkada di Jabar

Jakarta, CNN Indonesia —

Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil menyatakan Pemerintah Provinsi Jabar mau menunda penyaluran bantuan sosial ( bansos ) kepada warga yang berada di daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2020 . Ridwan Kamil tunda bansos bertujuan untuk menghindari pengingkaran pemilu. 


“Menjawab kekhawatiran dari masyarakat, kita sampaikan terkait pilkada. Jadi pilkada itu sangat rawan (pelanggaran) sehingga ana memutuskan pembagian bansos akan diatur, ditunda dengan cara yang elok di daerah yang melaksanakan pilkada agar tidak dijadikan sumber pelanggaran terkait bantuan sosial, ” perkataan Ridwan dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Senin (5/10).

Emil, panggilan Ridwan Kamil menjelaskan, janji bansos tidak mencakup semua tingkatan penyaluran bansos. Penundaan berlaku di dalam pembagian bansos tahap keempat.


Berbeda dengan bansos di tahap 1-3 berupa paket kekayaan dan sembako senilai Rp500 seperseribu, bantuan keempat ini akan maujud uang tunai senilai Rp500 ribu.

“Dari kami kalau yang pengiriman ada dua sedang. Bansos yang ketiga kan pasti dilakukan dan sudah berproses. Zona yang keempat yang full seratus komisi tunai yang dijadwalkan awal Desember sesuai jadwalnya, tapi timing -nya setelah pencoblosan, ” ujar Emil.

Emil mengatakan transformasi tanggal penyaluran dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan citra para calon yang sedang berkontestasi di pilkada. Dalam mana, pada 9 Desember 2020 bertepatan dengan hari pencoblosan.

“Tujuannya menghindari pemanfaatan cermin yang dikaitkan dengan bansos dengan datang dari provinsi, ” katanya.

Seperti diketahui, delapan daerah di Jabar menggelar Pilkada Serentak 2020. Komisi Pemilihan Ijmal (KPU) telah menetapkan nomor runtut 25 pasangan calon yang hendak berkontestasi pada 9 Desember 2020 mendatang.

Delapan wilayah yang menggelar Pilkada antara lain Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur & Kota Depok.

(hyg/gil)

[Gambas:Video CNN]