+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Peternak Blitar Aksi Bagi-bagi 1,5 Ton Telur dan Ayam Gratis

peternak-blitar-aksi-bagi-bagi-15-ton-telur-dan-ayam-gratis-1

Peternak Blitar Aksi Bagi-bagi 1,5 Ton Telur dan Ayam Gratis

Jakarta, CNN Indonesia —

Peternak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, berencana membagikan ayam hidup serta telurnya secara gratis kepada warga pada Selasa (28/9) ini. Itu dilakukan sebagai bagian dari rasa syukur mereka.

Aksi juga dilakukan untuk mendorong Presiden Jokowi menerbitkan peraturan presiden guna melindungi peternak kecil seperti mereka. Terutama dari ancaman peternak besar.

Koordinator acara tersebut Yesi Yuni Astuti mengatakan aksi akan dilakukan di sejumlah titik antara lain, seputar Patung Bung Karno depan Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar, sepanjang jalan antara Kantor Pemkab Blitar ke lokasi DPRD Kabupaten Blitar, sepanjang jalan di Kecamatan Udanawu hingga kantor pemkab, dan beberapa titik simpang empat.


“Telur yang sudah masuk sekitar 1,5 ton dan ayamnya sekitar 100 ekor. Ini akan dibagikan kepada warga,” katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/9).

Selain untuk menyikapi harga telur yang murah, aksi juga dilakukan untuk mendorong pemerintah menghentikan budi daya ayam oleh integrator atau perusahaan besar. Menurutnya, keberadaan intergrator sangat menyulitkan peternak ayam skala kecil.

“Kami berharap integrator disetop, budi daya kembali ke rakyat. Kalau sekarang peternak rakyat harus berhadapan dengan integrator yang uangnya tidak berseri, diibaratkan seekor anak ayam tarung terbuka dengan burung elang, makanya itu dibutuhkan wasit untuk bisa mengatur, menyeimbangkan dan terjadi harmonisasi,” kata dia.

Tak hanya membagikan ayam dan telur gratis, ia mengatakan aksi juga akan disertai bazar penjualan telur. Untuk harga jual telur juga sesuai dengan anjuran dari Kementerian Perdagangan.

[Gambas:Video CNN]

(antara/agt)