+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

PAN Respons Partai Ummat: Amien Rais Umumkan Resmi Keluar

PAN Respons Partai Ummat: Amien Rais Umumkan Resmi Keluar

PAN Respons Partai Ummat: Amien Rais Umumkan Resmi Keluar

Jakarta, CNN Indonesia —

Wakil Ketua Umum Partai Keterangan Nasional (Waketum  PAN ) Viva Yoga Mauladi mengatakan langkah  Amien Rais mengumumkan membentuk Partai Ummat menakrifkan bahwa mantan Ketua MPR tersebut telah resmi keluar dan mengalpakan PAN.

Menurutnya, Amien Rais sudah tidak menjadi arah dari keluarga besar PAN dan tak lagi identik dengan PAN.

“Hari ini Pak Amien Rais mencanangkan berdirinya partai politik baru, namanya Partai Ummat. Hal ini bermanfaat secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah muncul dan meninggalkan PAN, ” perkataan Viva, Kamis (1/10).


Ia pun mengucapkan selamat pegari kepada Partai Ummat di medan politik nasional. Menurutnya, kehadiran Partai Ummat, PAN dan Partai Ummat memiliki perbedaan dalam ideologi politik.

Menurutnya, PAN bermazhab nasionalis dan relijius, sementara Partai Ummat adalah partai berbasiskan Islam.

“Keperbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di kelompok, ” imbuh Viva.

Sebelumnya, Amien Rais mengumumkan parpol barunya bernama Golongan Ummat. Pengumuman itu disampaikan Amien Rais secara resmi secara daring melalui akun Youtube-nya, Amien Rais Official, Kamis (1/10).

“Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang berhubungan anak bangsa lainnya melawan durjana, ” kata Amien Rais.

Ia jug menyatakan Partai Ummat memiliki misi untuk mendirikan keadilan dan memberantas kezaliman bagi masyarakat Indonesia. Amien menyatakan kalau misi tersebut bergerak pada tingkatan makro yang berkaitan dengan urusan kekuasaan.

“Menjalankan al amru bil’adli dan hirau nahyu’anidzulmi, yakni mendirikan keadilan dan memberantas kezaliman, ” katanya.

(mts/ain)

[Gambas:Video CNN]