+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Milad ke-44 GAM, Polisi Serukan Perbaikan di Aceh

Milad ke-44 GAM, Polisi Serukan Perbaikan di Aceh

Milad ke-44 GAM, Polisi Serukan Perbaikan di Aceh

Jakarta, CNN Indonesia —

Polda Aceh   meminta semua pihak buat tetap menjaga perdamaian dan menjauhi kerumunan terkait peringatan hari ulang tahun alias milad  ke-44  Gerakan Aceh Merdeka (GAM), hari itu, Jumat (4/12).

“Mari jaga perdamaian dan kedamaian yang berlangsung di Aceh, ” kata  Kapolda Aceh Inspektur Jenderal Petugas Wahyu Widada, di Banda Aceh, Kamis (3/12) dikutip dari Antara .

Ia pun memastikan Serambi Makkah saat dalam kondisi aman. “Aceh saat ini dalam keadaan kondusif. Keamanan dan ketertiban tetap aman, ” lanjutnya.


Dengan kondisi itu, kata pendahuluan dia, masyarakat bisa beraktivitas, kaya bekerja dan beribadah, dengan baik. Pemerintah juga bisa melaksanakan rencana pembangunan.

Sementara itu, eks Panglima GAM Muzakkir Manaf juga memberi instruksi khusus kepada seluruh jajaran eks  kombatan biar milad GAM ini hanya diperingati di wilayah masing-masing  secara biasa, seperti menyantuni anak yatim, zikir, doa, serta ziarah.

“Namun tidak dalam konteks berkerumunan massa seperti tahun-tahun sebelumnya memikirkan masih dalam wabah Covid-19, ” kata dia.

Senada, Wahyu mengingatkan biar peringatan ini tak menimbulkan gerombolan. Sebab, pandemi Covid-19 masih berlaku.  

“Kami ingatkan jangan berkerumunan. Silakan laksanakan kegiatan seperti yang disampaikan Muzakir Manaf, seperti kenduri, syukuran, tidak berkerumunan, ” kata tempat.

Terpisah, Kepala Bagian Humas Polda Aceh  Kombes Pol Ery Apriyono menyebut pihaknya melakukan peningkatan kegiatan rutin, termasuk patroli,   terkait HUT GAM ini.

“Yang ada peningkatan kegiatan rutin kepolisian seperti patroli dan lainnya. Biasanya patroli kepala dua kali, saat milad ditingkatkan menjadi tiga hingga empat kali, ” kata dia.

Ia mengaku belum menerima data soal pelaksanaan milad  ataupun pengerahan massa.

“Hingga kini juga belum terpantau adanya penggiringan massa menjelang milad GAM. Sebagai langkah antisipasi, kepolisian meningkatkan kegiatan rutin, ” sebutan Ery.

Ia pu meminta masyarakat Aceh tidak menginginkan perdamaian keamanan tersebut terusik.

“Kami mengimbau masyarakat tidak terprovokasi serta tetap menjaga keamanan dan ketertiban yang sudah betul kondusif ini. Dan juga merawat perdamaian, ” kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Infografis Aceh Yang Bangkit & Pulih. (Foto: Fajrian)

Meski sudah tercapai kesepakatan tenang dengan Pemerintah RI, milad GAM masih dirayakan di Aceh.

Didirikan oleh Teungku Muhammad Hasan Ditiro, GAM pertama kala dideklarasikan sebagai gerakan pembebasan Aceh dari NKRI pada 4 Desember 1976, di Gunung Halimon, Kabupaten Pidie,   Aceh.

Sejak berdiri, GAM terus mengabulkan konflik dengan pemerintah Indonesia selama kurang lebih 29 tahun. Pertikaian menahun itu pun berakhir sesudah kedua belah pihak setuju untuk berdamai melalui perjanjian Helsinki, Finlandia.

(tst/dra/Antara/arh)

[Gambas:Video CNN]