+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Menteri KKP Singgung Susi Pudjiastuti soal Tenggelamkan Kapal

Menteri KKP Singgung Susi Pudjiastuti soal Tenggelamkan Kapal

Menteri KKP Singgung Susi Pudjiastuti soal Tenggelamkan Kapal

Jakarta, CNN Indonesia —

Gajah Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo   mencuitkan pantun bernada satir lewat akun resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) berbunyi: Jalan-jalan ke Pariaman. Jangan Lupa berbekal ikan. Buat apa ditenggelamkan. Lebih baik digunakan.

Cuitan tersebut seolah-olah menyinggung pendahulunya, eks gajah KKP Susi Pudjiastuti . Diketahui, Susi kerap menghukum pencuri ikan di lautan Indonesia dengan cara menyembunyikan kapal mereka. Kebijakan itu dilakukannya saat masih aktif menjabat.

KKP mengunggah tulisan beserta foto dan kutipan pernyataan Edhy.   Hal yang sama pula tergambar pada foto dan kutipan Edhy.  


“Daripada ditenggelamkan, kapal hasil tangkapan lebih baik diberikan pada kelompok nelayan dan menjadi bakal belajar untuk anak-anak sekolah perikanan, ” tulis Edhy, dikutip Kamis (2/7).

Atas cuitan ini, Susi pun memberi respons. Pemilik maskapai perintis Susi Minuman itu memberi emotikon 10 tepuk tangan tanpa satu kata apapun. Cuitan itu kemudian diunggah ulang (re-tweet) oleh Susi di akun Twitter pribadinya.  

Susi sempat mengunggah ulang cuitan salah satu netijen yang menanggapi cuitan KKP, yaitu akun dengan tanda @yakub_vikers. Dalam cuitannya, ia menggubris unggahan KKP dengan pantun yang berima sama.  

“Jalan-jalan ke Pariaman. Jangan lupa berbekal ikan. Untuk apa dimanfaatkan. Jika nelayan yang dirugikan, ” tulis @yakub_vikers kaya diunggah ulang oleh Susi.  

“Mengambil pikirannya KKP ini, berarti kalau polisi nangkap penjahat dengan barang bukti mobil atau kapal motor, alih2 pada musnahkan barang2 buktinya setelah mahkamah selesai, dijadikan mobil atau pesawat motor dinas atau dijual/dilelang gituh???? @Gerindra hati2 imej – karena menterimu, ” tulis @arief_faizal.  

Susi juga sempat mengunggah kembali cuitan Partai Gerindra yang menanggapi netizen dengan akun @arief_faizal yang meminta respons kelompok atas cuitan KKP.  

“Setiap departemen atau institusi itu memiliki kecendekiaan yang berbeda-beda. Contoh yang kamu berikan ini tidak relevan, ” respons Partai Gerindra terhadap cuitan @arief_faizal seperti yang diunggah balik oleh Susi.  

Kendati begitu, tidak ada cuitan khusus yang dibuat Susi untuk menanggapi unggahan akun Twitter awak KKP. Seperti diketahui, Susi mempunyai jargon tenggelamkan pada masa menjabat.  

Namun, kebijakan menenggelamkan kapal pencuri ikan tersebut tidak disetujui oleh Edhy, dia lebih memilih untuk memanfaatkan kapal asing pencuri ikan.

[Gambas:Video CNN]

(uli/bir)