+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Marvel Akui Salah Pilih Tilda Swinton di Doctor Strange

marvel-akui-salah-pilih-tilda-swinton-di-doctor-strange-1

Marvel Akui Salah Pilih Tilda Swinton di Doctor Strange

Jakarta, CNN Indonesia —

Pimpinan  Marvel Studios Kevin Feige mengakui penetapan Tilda Swinton sebagai The Ancient One dalam Doctor Strange (2016) merupakan suatu kesalahan.

Ia mengatakan kontroversi yang berlaku kala itu akibat mendaulat Tilda Swinton, perempuan jangat putih sebagai guru kecil sihir asal Tibet, ialah alarm bagi mereka.

“Kami saat itu merasa akil dan sangat mutakhir secara tidak melakukan hal tiruan seperti pria Asia dengan keriput, tua, dan berbudi, ” kata Kevin Feige.


“Kemudian tunggu sebentar, apakah ada cara untuk mengetahuinya? Apakah ada cara lain agar tidak jatuh dalam tiruan dan memiliki artis Asia? Jawabannya iya, ” tuturnya dalam wawancara bersama Men’s Health seperti dilansir Deadline .

Tudingan mengenai whitewashing terhadap karakter-karakternya membuat Marvel menyatakan dukungan kebebasan kreatif, termasuk dalam casting.

Dalam 2016, Marvel Studios mengatakan selalu memiliki catatan kepelbagaian dalam menyeleksi karakter filmnya dan tak mau terikat dengan stereotip dalam menghidupkan semestanya.

“Kami sangat bangga bekerja sesuai dengan Tilda Swinton mencitrakan karakter unik dan kompleks tersebut bersama para pemeran lainnya, ” kata Marvel Studios lima tahun berantakan.

Terpisah, Tilda Swinton juga pernah menyatakan dirinya dipilih menjadi The Ancient One untuk menghindari stereotip rasial seperti macam Fu Manchu pada biasanya adalah laki-laki tua dengan duduk di atas bukit.

“Mereka membuat keputusan tersebut untuk tidak semakin menekankan stereotip rasial tersebut, ” tutur Tilda Swinton.

Kala itu, Sutradara Scott Derrickson dan Benedict Wong membela Tilda Swinton terkait karakter tersebut. Tetapi, aktor-aktor serta kelompok asosiasi Asia mengkritik hal tersebut.

(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]