+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Keadaan Kerja Buruh Bertambah Jadi enam Hari di UU Cipta Kegiatan

Keadaan Kerja Buruh Bertambah Jadi enam Hari di UU Cipta Kegiatan

Keadaan Kerja Buruh Bertambah Jadi enam Hari di UU Cipta Kegiatan

Jakarta, CNN Indonesia —

Omnibus Law Peraturan Cipta Kerja ( UU Ciptaker ) menghapus ketentuan lima hari kerja dalam sepekan yang diatur di pasal 79 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Penghapusan  tertuang dalam Bab 81 Omnibus Law UU Membuat Kerja. Di bagian tersebut, hanya tercantum aturan enam hari kegiatan dalam sepekan bagi para praktisi.

“Waktu istirahat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a wajib diberikan kepada pekerja/buruh paling sedikit meliputi:
a. istirahat antara jam kerja, memutar sedikit setengah jam setelah berfungsi selama 4 (empat) jam terus-menerus, dan waktu istirahat tersebut tak termasuk jam kerja; dan
b. istirahat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) keadaan kerja dalam 1 (satu) minggu, ” bunyi pasal tersebut bersandarkan draf final RUU Cipta Kegiatan berjumlah 812 halaman yang diterima CNNIndonesia. com dari Baleg DPR MENODAI.



Dalam pasal 77 ayat (2) disebutkan jam kerja maksimal dalam sepekan adalah 40 jam. Aturan ini masih sama secara yang tercantum dalam UU Ketenagakerjaan.

Ketua Umum Persekutuan Buruh Lintas Pabrik (FBLP)  Jumisih mengatakan aturan baru soal hari kerja per pekan merugikan  keluarga buruh. Ia khawatir aturan ini dijadikan acuan bagi perusahaan untuk menambah beban kerja para pegawai.

Jumisih menyadari tersedia frase ‘paling sedikit’. Namun, peraturan itu tetap memberi celah bagi pemberi kerja untuk menambah hari kerja pekerja.

“Perusahaan kan mengacunya peraturan. Kalau undang-undang mengatur enam hari kerja, ya akan seperti tersebut, ” ujar Jumisih kepada CNNIndonesia. com, Rabu (14/10).

Menurutnya, selama ini aturan yang ada sudah ideal. Lima hari kerja dan dua hari libur dalam sepekan sudah seimbang untuk waktu istirahat buruh.

“Kalau dikondisikan enam hari kerja, maka waktu istirahat dan bersama tanggungan jadi berkurang. Ini yang saya sayangkan, ” ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/age)