+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Jokowi Akan Sinergikan Investasi Kawasan Industri dengan UMKM

Jokowi Akan Sinergikan Investasi Kawasan Industri dengan UMKM

Jokowi Akan Sinergikan Investasi Kawasan Industri dengan UMKM

Jakarta, CNN Indonesia —

Kepala Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan investasi di kawasan industri akan disinergikan dengan sektor Usaha Mikro Mungil dan Menengah ( UMKM ). Dengan  itu diharapkan investasi bisa memerosokkan nilai tambah dan menyerap tenaga kerja lebih besar.

Sejumlah kawasan industri yang dimaksud kepala negara adalah kawasan pabrik Batang, Subang, dan Majalengka.

“Kawasan Industri Batang beserta Subang, Majalengka sedang dikembangkan di dalam waktu singkat, dirancang untuk sanggup mengundang investasi berkualitas, yang bersinergi dengan UMKM kita, ” ujarnya dalam pidato sidang tahunan MPR-DPR, Jumat (14/8).


Ia menuturkan pemerintah akan membangun kawasan industri serupa dalam berbagai daerah. Nantinya, pembangunan daerah industri tersebut juga harus disinergikan dengan UMKM, sehingga meningkatkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Nusantara.

Karenanya, guna membakar investasi pada kawasan industri itu, ia meminta seluruh pihak membentuk ekosistem nasional yang kondusif.

“Penataan regulasi harus kita lakukan. Regulasi yang tumpang tindih, yang merumitkan, yang menjebak semua pihak dalam risiko harus kita sudahi, ” katanya.

Di kawasan industri Batang, pemerintah akan menyiapkan sekitar 4. 000 hektare (ha) lahan. Pada tahap pertama, pemerintah akan mempersiapkan 450 ha lahan.

Era ini, sebanyak tujuh perusahaan universal akan merelokasi pabriknya ke kawasan industri Batang. Salah satu perusahaan yang telah menyatakan komitmennya yaitu LG Chemical dengan nilai investasi US$9, 8 miliar dengan daya penyerapan tenaga kerja 14 seperseribu orang.

[Gambas:Video CNN]

(ulf/agt)