+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Gubernur Sakit, Roda Pemerintahan Papua di Tangan Sekda

gubernur-sakit-roda-pemerintahan-papua-di-tangan-sekda-1

Gubernur Sakit, Roda Pemerintahan Papua di Tangan Sekda

Jakarta, CNN Nusantara —

Departemen Dalam Negeri menyatakan pemerintahan Provinsi  Papua tetap berjalan di bawah pimpinan sekretaris daerah.

Hal itu diberlakukan sejak Gubernur Papua Lukas Enembe   dirawat di rumah sakit Mount Elizabeth, Singapura , sementara Wakilnya Klemen Tinal meninggal pada Jumat (21/5).

“Saat ini kendali pengoperasian jalannya roda pemerintahan wilayah provinsi Papua ada di tangan Sekda Provinsi, ” ucap Kapuspen Kemendagri Benny Irwan kepada CNNIndonesia. com, Rabu (26/5).


Benny menjelaskan era ini sekda juga tidak sendiri dalam menjalankan tugas pemerintahan,   dan berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi dan beberapa pihak lainnya.

“Ada Kapolda, ada Pangdam, Kejati, Ketua DPRD dan MRP, Ketua Pengadilan, Kabinda, ” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengutarakan Kementerian Dalam Negeri serupa akan tetap melaksanakan suruhan dan fungsi pembinaan & pengawasan sebagaimana diamanatkan di undang-undang untuk memastikan pemerintahan dapat berjalan.

Terpisah, Juru Bicara Gubernur Papua Rifai Darus mengutarakan fungsi pemerintahan dalam kejadian pemberian pelayanan, pelaksanaan kalender pembangunan dan pemberdayaan klub tetap berada di bawah pimpinan Lukas Enembe.

“Terus berlangsung sebagaimana mestinya dalam suatu sistem pemerintahan provinsi dengan tetap berada dalam garis instruksi bapak gubernur, ” cakap Rifai dalam keterangan tercatat yang diterima CNNIndonesia. com, Rabu (26/5).

Diketahui, sebelumnya beredar kabar hoax yang mengatakan Lukas Enembe meninggal dunia. Informasi itu kemudian dibantah sebab Direktur Jenderal Otonomi Kawasan Kemendagri Akmal Malik.

“Hoaks. Beliau cukup berobat, ” kata Akmal lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia. com, Selasa (25/5).

Sementara itu situasi di Papua  semenjak April lalu mengalami usikan jaringan internet pasca-putusnya pola komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Jayapura di dasar laut, 280 km dari Biak dan 360 km dari Jayapura.

(yli/vws)

[Gambas:Video CNN]