+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Gubernur Kaltim: Lonjakan Kasus Covid-19 Tak Kami Prediksi

gubernur-kaltim-lonjakan-kasus-covid-19-tak-kami-prediksi-1

Gubernur Kaltim: Lonjakan Kasus Covid-19 Tak Kami Prediksi

Samarinda, CNN Indonesia —

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor mengatakan lonjakan kasus positif virus corona (Covid-19) di wilayahnya tak pernah pihaknya prediksi. Isran mengklaim masyarakat di Kaltim sudah mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Lonjakan tidak kami prediksi, karena sejauh ini masyarakat Kaltim taat dan patuh pada prokes. Bahkan Satgas Covid-19 nasional sendiri yang menyatakan itu,” kata Isran, Senin (9/8).

Isran menyebut sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan kasus positif Covid-19, mulai dari pelaksanaan PPKM. Selain itu, pihaknya juga gencar
menjalankan tracing, testing, dan treatmen (3 T).


Pihaknya juga bekerja sama dengan Kodam Mulawarman dan Polda Kaltim untuk menggelar vaksinasi masal. Isran berharap jumlah stok vaksin Covid-19 di Kaltim ditambah.

“Vaksin harus segera didistribusikan dan kalau bisa sama dengan DKI Jakarta,” ujarnya.

Sejauh ini, kata Isran, salah satu faktor penyebaran Covid-19 terjadi karena banyak tenaga kerja dari luar yang datang ke Kaltim. Saat dilakukan pemeriksaan, banyak tenaga kerja dari luar yang terpapar Covid19.

“Jadi kalau ditanya, masyarakat Kaltim itu sudah patuh semua,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti lonjakan kasus positif Covid-19 di Kaltim. Selain Kaltim, Jokowi juga mengingatkan lonjakan kasus di Sumatera Utara, Papua, Sumatera Barat dan Riau.

Sampai hari ini, total kasus positif Covid-19 di Kaltim mencapai 131.210. Dari jumlah itu, sebanyak 105.808 orang dinyatakan sembuh dan 3.979 orang lainnya meninggal dunia.

(yov/fra)

[Gambas:Video CNN]