+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

GBK Seperti Kota Isolasi Jelang Pembukaan Liga 1 2021

gbk-seperti-kota-isolasi-jelang-pembukaan-liga-1-2021-2

GBK Seperti Kota Isolasi Jelang Pembukaan Liga 1 2021

Jakarta, CNN Indonesia —

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang akan menjadi lokasi pembukaan Liga 1 2021/2022 pada Jumat (27/8) malam, bak kota yang sedang diisolasi.

Dari pantauan CNNIndonesia.com, pintu masuk kawasan GBK hanya dua. Pertama pintu masuk dari area timur dan yang kedua dari pintu barat. Sisanya, tak ada akses keluar dan masuk.

Saat memasuki dua pintu gerbang masuk kawasan GBK, baik pejalan kaki, pengendara motor roda dua atau empat, ditanya keperluannya. Setelah itu petugas akan mengarahkan atau memberi petunjuk.


Setelah pemeriksaan pertama, akan ada pemeriksaan kedua dari petugas keamanan. Dokumen keperluan mereka akan diperiksa dan menginformasikan lokasi parkiran.

Untuk yang akan masuk ke lingkaran Stadion Utama GBK, hanya diperkenankan lewat pintu kuning atau Zona 10. Sebelum masuk pintu kuning juga ada beberapa penjaga yang mengawasi gerak gerik.

Lantas, untuk masuk ke lingkaran stadion kembali diperiksa. Kali ini petugas yang berjaga lebih tegas dari sebelumnya. Mereka yang tidak punya bukti akses masuk akan diusir.

Wartawan yang akan meliput jalannya pembukaan merasakan ketegasan tersebut. Jurnalis SEA Today, Okto Bryan, dicegah masuk oleh petugas sampai harus berdebat karena tak punya akses masuk ke dalam. Namun, setelah ada koordinasi, ia dipersilakan masuk.

“Kami hanya menjalankan tugas. Perintahnya demikian, ya kami jalankan. Ini demi kebaikan semua. Kami mohon pengertiannya,” kata petugas yang berjaga di pintu masuk kepada CNNIndonesia.com.

Pemeriksaan tak berhenti sampai di situ. Setelah itu harus menjalani swab antigen di samping GBK Corner di Zona 11 GBK. Sebelum dites, semua yang akan memasuki stadion harus mengunduh aplikasi Fast Lab.

Stadion Utama Gelora Bung Karno jadi venue pembuka Liga 1 2021, Jumat (27/8) malam. (CNN Indonesia/ Abdul Susila)

Setelah hasil swab antigen selesai, yang durasinya sekitar 10 menit, akan diberikan gelang kertas berwarna jingga dengan tulisan, ‘sudah dilakukan swab antigen’.

Proses belum selesai. Setiap individu yang akan masuk stadion harus menyerahkan hasil swab PCR dengan keterangan negatif. Bersamaan dengan itu dilakukan pemeriksaan bukti sudah dua kali vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.

Hingga pukul 16.00 WIB, suasana di lingkaran stadion GBK masih lengang. Nyaris tak ada orang yang lalu larang, seperti lazimnya saat ada pertandingan sepak bola di mana suporter sudah meramaikan stadion sekitar tiga jam sebelum laga.

Hanya beberapa kelompok polisi yang berjaga di sejumlah titik. Sebagian besar dari mereka adalah korps Brigade Mobil (Brimob) yang mengenakan pakaian antihuru-hara dan kendaraan motor roda dua.

Beberapa di antaranya secara bergantian mengelilingi stadion. Mereka menolak untuk diwawancara tetapi bersedia untuk diambil gambar aktivitasnya.

Semua rangkaian pemeriksaan masuk Stadion Utama GBK menjelang pembukaan Liga 1 2021/2022, antara Bali United vs Persik, menggambarkan lokasi pertandingan seperti kota yang diisolasi atau lockdown.

[Gambas:Video CNN]

(abd/jun)