+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

China Kirim Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Bulan Ajaran

china-kirim-astronaut-ke-stasiun-luar-angkasa-bulan-depan-1

China Kirim Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Bulan Ajaran

Jakarta, CNN Indonesia —

China   dilaporkan akan mengirim tiga orang  astronaut ke luar udara pada bulan Juni 2021.

Ketiga astronaut itu akan menjalankan urusan selama tiga bulan dalam stasiun luar angkasa pertama China. Roket yang mendatangkan modul pertama stasiun asing angkasa ini bahkan tahu menghebohkan dunia lantaran anjlok ke Bumi tak terarah.

China hendak meluncurkan para astronaut dengan oleh China disebut sebagai taikonaut  itu dari markas Jiuquan di barat laut China. Ketiganya akan beruang di kapsul Shenzhou 12 sebelum mencapai stasiun sungguh angkasa baru China bertanda Tianhe. Tianhe sendiri berarti harmoni surgawi.



Tianhe disebut sebagai stasiun luar angkasa ketiga China dan merupakan yang terbesar. Modul inti stasiun luar angkasa ini diluncurkan akhir bulan lalu (29/4).

Melansir Phys , para astronaut China hendak berlatih berjalan di sungguh angkasa, melakukan perbaikan serta pemeliharaan, serta operasi keilmuan.  

Wakil kepala perancang program sungguh angkasa berawak China, Yang Liwei tidak memberikan rincian identitas astronaut atau agenda penerbangan. Dia hanya mengatakan bahwa kru tersebut akan berasal dari dua kelompok astronaut paling awal dalam program tersebut.

Yang juga menyebut tidak ada astronaut perempuan yang terlibat dalam misi itu. Yang sendiri adalah karakter China pertama yang mencapai orbit Bumi pada 2003.

“Di Shenzhou 12 kami tidak melibatkan mereka, tetapi misi setelah itu semua akan melibatkannya, ” perkataan Yang.

Melansir Business Standard , China juga sudah meluncurkan pesawat ruang angkasa Tianzhou-2 ke Tianhe. Pesawat itu membawa 6, 8 ton kargo yang berisi dari pakaian luar angkasa, makanan, peralatan untuk astronaut, dan bahan bakar buat stasiun tersebut.  

Badan antariksa itu merencanakan total 11 peluncuran hingga akhir tahun aliran untuk mengirimkan dua modul lagi untuk stasiun seberat 70 ton, persediaan, dan kru.

Beijing diketahui tak berpartisipasi dalam Stasiun Asing Angkasa Internasional (ISS). Perlawanan China untuk ikut arah dalam proyek stasiun sungguh angkasa internasional itu beberapa besar karena keberatan Amerika Serikat yang khawatir dengan program rahasia China & koneksi militernya.

China telah mengirim 11 astronaut, termasuk dua wanita ke luar angkasa semenjak Oktober 2003. Astronaut perempuan pertama adalah Liu Dengan pada tahun 2012. Semua astronaut China itu had saat ini adalah penerbang dari militer Partai Komunis, yakni Tentara Pembebasan Kaum.

(eks/eks)

[Gambas:Video CNN]