+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Beda Tabung Oksigen dan Konsentrator untuk Pasien Covid-19

beda-tabung-oksigen-dan-konsentrator-untuk-pasien-covid-19-1

Beda Tabung Oksigen dan Konsentrator untuk Pasien Covid-19

Jakarta, CNN Indonesia —

Kebutuhan konsentrator oksigen dan tabung oksigen likuid melonjak seiring dengan kenaikan kasus positif pasien Covid-19 di Indonesia.

Sebab, pasien Covid-19 dengan gejala berat membutuhkan oksigen medis untuk alat bantu pernapasan.

Berikut beberapa perbedaan tabung oksigen likuid dan konsentrator oksigen yang dibutuhkan dalam penanganan medis.


Oksigen Medis Cair

Oksigen tabung merupakan kandungan oksigen cair yang dapat ditampung dalam sebuah wadah silinder, dan dapat diisi ulang kembali.

Kebanyakan oksigen medis dibuat di pabrik. Untuk membuat oksigen medis biasanya dilakukan dengan mengubah udara yang kita hirup menjadi bentuk cairan. Caranya dengan berbagai kombinasi proses untuk mendinginkan udara hingga terkondensasi menjadi cairan.

Begitu gas berbentuk cair, para produsen menggunakan proses distilasi untuk memisahkan berbagai komponen gas yang sudah mencair itu. Distilasi dilakukan dengan mendidihkan cairan itu, sehingga mereka menguap sesuai dengan titik didih masing-masing gas.

Sehingga, akhirnya bisa dipisahkan kandungan oksigen murni saja yang bisa digunakan untuk medis.

Proses ini membutuhkan banyak energi dan fasilitas industri yang besar. Selain itu, oksigen cair ini mesti disimpan dan didistribusikan secara khusus, sebab oksigen sangat mudah meledak. Sehingga perlu penanganan transportasi dan distribusi yang hati-hati.

Di Amerika Serikat, distribusi dilakukan dengan pipa yang sangat kuat, di Eropa menggunakan tangki yang sangat besar, sementara untuk negara miskin dan berkembang biasanya menggunakan tabung.

Silinder portabel dapat diisi ulang di rumah dari sumber oksigen cair dengan menggunakan katup khusus, tetapi tidak dari tabung gas besar atau konsentrator oksigen.

Tabung oksigen silinder perlu dijauhkan dari panas. Sebab, hal ini bisa meningkatkan yang menyebabkan peningkatan tekanannya. Bila oksigen digunakan lebih dari 8 jam sehari menjadi lebih murah serta lebih nyaman untuk menyediakan konsentrator oksigen di rumah.

Mengenal Mesin Konsentrator Oksigen

BACA HALAMAN BERIKUTNYA