+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

Ajang Rizieq Tuding Tokoh Nasional di Pleidoi: BG Tenggat Ahok

ajang-rizieq-tuding-tokoh-nasional-di-pleidoi-bg-hingga-ahok-1

Ajang Rizieq Tuding Tokoh Nasional di Pleidoi: BG Tenggat Ahok

Jakarta, CNN Indonesia —

Eks pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyeret sejumlah tokoh nasional saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam perkara perkiraan penyebaran hoaks terhadap hasil tes swab di RS Ummi Bogor di PN Jakarta Timur, Kamis (10/6).

Beberapa aktivis yang diseret itu dituding hingga dibandingkan dengan peristiwa yang dialami Rizieq.   CNNIndonesia. com menghimpun nama-nama itu sebagai berikut:

1. Wiranto


Nama Ketua Badan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sekaligus mantan Menko Polhukam Wiranto menjadi salah satu nama yang dituding oleh Rizieq.

Wiranto, introduksi dia, sempat menghubunginya untuk melakukan dialog dan perbaikan dengan pemerintah pada Mei 2017. Kala itu, Rizieq menyebut Wiranto sempat menelepon ketika tengah berada pada Arab Saudi.

Rizieq mengatakan, Wiranto tahu mengajak membangun kesepakatan perbincangan dan rekonsiliasi. Rizieq menyambut ajakan Wiranto tersebut karena mengharapkan hal yang sebanding sejak awal.

2. Budi Gunawan dan Ma’ruf Amin

Rizieq meminta pernah bertemu langsung secara Kepala Badan Intelijen Negeri (BIN) Budi Gunawan pada salah satu hotel berbintang lima di Kota Jeddah, Arab Saudi pada Juni 2017. Pertemuan disebut menghasilkan kesepakatan tertulis antara keduanya yang kemudian dibawa ke Jakarta.

Surat itu disebut Rizieq turut ditandatangani oleh Wakil Kepala Ma’ruf Amin yang zaman itu masih menjabat sebagai Ketua Umum MUI Tengah.

“Di kurun isi kesepakatan tersebut adalah ‘Setop seluruh kasus hukum saya dkk’ sehingga tidak ada lagi fitnah kriminalisasi dan membenarkan mengedepankan dialog dari pada pengerahan massa, serta jadi mendukung semua kebijakan tadbir Jokowi selama tidak bentrok dengan ajaran agama Agama islam dan Konstitusi Negara Indonesia’ , ” kata Rizieq.

Pihak BIN telah membantah pertemuan tersebut. BIN menegaskan bahwa pertemuan Rizieq dengan BG pada Arab Saudi tak sudah terjadi.  

3. Tito Karnavian

Menteri Dalam Negeri sekaligus eks Kapolri Tito Karnavian disebut Rizieq tahu menemuinya di kota Mekkah, Arab Saudi pada 2018. Pertemuan terjadi selama dua kali.

Tito masih menjabat sebagai Kapolri RI. Dalam pertemuan tersebut, Rizieq menyatakan siap tidak terlibat sama sekali dengan urusan politik terkait Pilpres 2019 dengan menyertakan kira-kira syarat kepada Tito.

Berlanjut ke kaca berikutnya….

Dakwaan Bagi Ahok

BACA HALAMAN BERIKUTNYA