+01 452 4587254
8108 W. Saxon Street

15 Camilan Unik dari Berbagai Belahan Dunia

15-camilan-unik-dari-berbagai-belahan-dunia-6

15 Camilan Unik dari Berbagai Belahan Dunia

Jakarta, CNN Indonesia —

Waktu-waktu setelah makan siang dan sebelum makan malam terasa sangat panjang. Sangat normal Anda merasa lapar dan mulai mencari camilan yang ringan. Sebagian orang juga memilih menyeduh teh atau kopi sebagai teman menyantap camilan.

Di Indonesia, camilan kekinian seperti croffle sedang digandrungi. Ada pula yang lebih menikmati gorengan seperti tempe, pisang atau tahu, cakwe, atau pilihan camilan tradisional seperti onde-onde atau klepon.

Lalu, camilan apa yang dinikmati orang-orang dari berbagai belahan dunia?


Berikut 15 ragam camilan unik dari berbagai belahan dunia.

1. Pai asin – Australia

Biasanya pai (pie) dikenal sebagai camilan manis. Namun di Australia juga Selandia Baru lebih mengenal pai asin sebagai camilan ikonis mereka.

Sebagaimana dilansir Insider, pai biasanya berukuran sebesar genggaman tangan. Isinya bervariasi seperti campuran daging cincang, jamur, bawang dan keju.

2. Alfajores – Argentina

Anda bisa menemukan alfajores di seluruh Amerika Selatan. Namun Argentina kerap mengklaim bahwa penduduknya adalah konsumen terbesar alfajores.

Menurut laporan Love Food, alfajores dibuat dengan berbagai cara termasuk penggunaan tepung jagung, lalu ada pula yang mengolahnya dengan banyak butter. Isian alfajores umumnya isian manis seperti selai dan dulce de leche (karamelisasi susu).

3. Speculoos – Belgia

Spekulas merupakan camilan khas Belgia. (iStockphoto/sara_winter)

Belgia adalah rumah buat camilan frites dan wafel yang mendunia. Namun sebenarnya masih ada speculoos atau spekulas. Mungkin Anda lebih banyak mengenalnya sebagai biscoff. Biskuit ini memiliki rasa rempah yang khas.

4. Pierogi – Polandia

Pierogi, camilan khas Polandia. (CNN Indonesia/Olivia Drost)

Sekilas, pierogi mengingatkan akan pangsit yang diberi isian. Sebenarnya ini tidak salah sebab pierogi memang mirip dengan pangsit dengan isian berupa daging dan kentang, keju atau buah. Selama musim panas, biasanya pierogi diisi blueberry dengan es krim.

5. Halawa – Mesir

Di Mesir, dikenal camilan yang disebut halawa atau halva. Camilan ini memiliki rasa manis dan padat. Halawa dibuat dari tahini atau pasta wijen atau bisa juga dibuat dengan tepung. Biasanya halawa diberi kacang pistachio sehingga ada tekstur renyah saat digigit.

Halawa merupakan camilan khas Mesir. (iStockphoto/Handemandaci)

6. Poutine – Kanada

Poutine merupakan camilan khas Kanada. (iStockphoto/Fudio)

Di Kanada, dikenal sajian kentang goreng yang disebut poutine. Yang cukup membedakannya dari kentang goreng biasa ialah dressing saus dari dadih keju. Anda bisa menemukan poutine sebagai camilan di kafe- restoran cepat saji atau acara olahraga.

7. Koulouri – Yunani

Koulouri merupakan camilan khas Yunani. (iStockphoto/cihatatceken)

Koulouri berupa roti berbentuk lingkaran yang bertabur biji wijen. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Biasanya koulouri diberi isian buah zaitun atau keju feta.

8. Tang hulu – China

Tang huku merupakan salah satu camilan khas China. (iStockphoto/urbancow)

Sulit untuk memilih satu camilan yang berasal dari China. Namun Anda tidak boleh melewatkan tang hulu. Tang hulu terbuat dari manisan haws atau sejenis buah di sana kemudian dilapisi dengan sirup gula merah. Sangat mudah mengenali penjaja tang hulu karena manisan dikemas dengan tusukan bambu panjang.

Simak ragam camilan unik lainnya dari berbagai belahan dunia di halaman berikut.

15 Ragam Camilan Berbagai Belahan Dunia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA